Rabu, 14 Januari 2009

sejarah pertandingan bulutangkis

  1. Kejuaraan All England

Merupakan kejuaraan perorangandan telah di adakan sejak pemulaan abad ke-20. Hinggan kini merupakan arena pertandingan yang paling menarik dan di ikuti hamper semua pemain terbaik di dunia. Oleh karma itu, arena ini merupakan kejuaraan dunia tidak resmi.

  1. Kejuaraan Dunia yang Resmi ( World Badminton Championship )

Untuk pertama kalinya doadalam pada tahun 1977 bertempat di malome (Suedia), merupakan perjuaraan perorangan.

  1. KEjuaraan asia ( Asia Badminton Championship)

Terdiri dari kelompk junior dan senior (beregu dan perorangan) dan diselenggarakan oleh Asian badminton Confederation (ABD), meliputi seluruh kawasan Asia.

  1. Kejuaraan Dunia beregu

Terdiri dari :

1) Untuk beregu putra dusebut Thomas cup championship, yaitu untuk memperebutkan piala Thomas (sumbangan dari george Thomas, seotang tokoh bulutangkis inggris). Dimulai dimulai pada tahun 1949, pada awalnya diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Namun, sejak tahun 1982, kejuaraan Thomas cup di selenggarakan 2 tahun sekali.indonesia memenangkan kejuaraan ini sebanyak 9 kali ( tahun 1958, 1961, 1964, 1970, 1973, 1976, 1979, 1984, dan 1992). Pertandingannya terdiri dari 9 partai single (2 single bersilang dan 1 tidak bersilang) serta 4 partai double (2 doublebersilang). Harus dilaksanakan dalam waktu 2 hari.

2) Untuk beregu wanita disebut Uber cup Championship, untuk memperebutkan piala uber (pemberian Betty Uber, seorang tokoh bulutangkis wanita di inggris, dimulai pada tahun 1957diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Indonesia berhasil memboyong piala ini pada tahun 1975 dan 1994. peristiwa ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah bahwa dua buah piala (Thomas dan Uber cup) berkumpul disatu negara.sedangkan Negara lain yang pernah memegangnya adalah merika serikat 3 kali dan jepang 3 kali. Pertandingan terdiri dari 7 partai, yaitu 3 partai single dan 4 partai double (2 double bersilang) yang harus di laksanakan dalam 1 hari.

Kemudian pada tahun 1987 terjadi peristiwa penyimpangan di dalam perbulutangkisan internasional, yaitu dengan bentuk World Badminton Federation (WFB). Organisasi bulutangkis yang dimaksudkan sebagai tandingan terhadap IBF. Organisasi ini di sponsori oleh RRC, Malaysia, Thailand, dan beberapa Negara Asia dan Afrika. Nmun, mengingat Negara penduduknya relative kecil serta mempunyai tujuan politis yang menyimpang dari jiwakeolahragaan, maka dapat diduga bahwa organisasi ini tidak akan bertahan lama.

Tidak ada komentar: