Jumat, 09 Januari 2009

sejarah bulutangkis

Olahraga bulutangkis di Indonesia merupakan cabang olahraga yang digemari oleh seluruh lapisan masarakat, di samping sepak bola, bola volley, dan beberapa cabang olah raga lain.

Perkembangan yang nyata dimulai sejak tahun 1958, saat pertama kalinya Indonesia mengikuti kejuaraan dunia dan sekaligus muncul memunculkan sebagai pemenang dengan merebut piala Thomas.kejuaran ini dimulai sejak tahun 1949, untuk memperebutkan piala bergilir dari Sir George Thomas, sebagai labang supermasi bulutangkis dunia untuk beregu putra yang sampai sekarang dikenal sebagai kejuaraan Thomas Cup.

Sedangkan untuk beregu putri, memperebutkan piala bergilir dari Mrs. H.S.Uber, yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 1957, dan sampai sekarang dikenal sebagai kejuaraan Uber Cup, kedua.kejuaraan ini di adakan setiap dua tahun sekali dan yang pertama kali meraih piala Uber Cup

Adalah amerika serikat.

Bulu tangkis memang jenis olahraga yang sangat cocok untuk semua orang, laki-laki atau wanita, tua bagi yang masih sehat, muda, dan anak-anak. Hal itu di sebabkan oleh mudahnya permainan ini dilakukan, alat pemukulnya ringan, bolanya gampang di pukul, dapat dimain kan di luar maupun diruangan khusus ruangan bulutangkis, dan jenis pukulannya pun bermacam-macam,peraturannya pun cukup sederhana.

Namun untuk dapat menjadi seorang pemain yang baik dibutuhkan ketekunan, kemauan yang kuat, penguasaan tehnik ,dan taktik, prnguasaan langkah-langkah kaki, dan pengalaman latihan maupun pertandingan yang cukup lama.

Hal ini disebabkan di dalam permainan bulutangkis, pukulan raket ke bola juga beraneka ragam. Bola dapat dipukul sekeras-kerasnya dengan seluruh kekuata, tetapi dapat pula dipukul selembut- lembutnya dengan menggunakan perasaan. Pukulan-pukulan yang banyak dilakukan dengan gerakan­-gerakan pergelangan tangan secara cepat supaya dapat dengan tiba-tiba mengubah arah raket,sehingga gerakan berfariasi ini daoat melahirkan jenis-jenis pukulan tipuan yang sangat membingungkan lawan.di perlukan kerja kaki yang cepat dan rapi untuk mengejar bola yang simpang siur dalam permainan , kecepatan reaksi mata, dan kekompakan kerak seluruh tubuh. oleh karma itu setiap pertandingan badan kita cepat lelah, itu di sebabkan karma seluruh otot, jantung, dan paru-paru harus bekerja keras untuk mengimbangi perherakan tubuh kita. Oleh karena itu keuleta, ketabahan, daya tahan tubuh, kekuatan, kecepatan, kecermatan, keluwesan, dan akal. Semua itu harus bias kita kuasai.oleh karma itu permainan bulutangkis ini menjadi semakin menarik.

Menurut sejarah, bulutangkis berasal dari permainan yang bernama Poona dan berasal dari India.oleh beberapa tentara perwira di kerajaan inggris yang menjajah India pada waktu itu, permainan ini di bawa ke inggris dan di kembangkan disana. pada tahun 1873 permainan ini dimain kan di taman istana milik Duke de beaufort di Badminton Gloucester Shore, hiangga karnanya kemudian diberi nama badminton. Badminton atau bulutangkis kemudian berkembang ke berbagai Negara, termasuk Negara kita sendiri Indonesia dibawa oleh orang-orang belanda.

Karna sudah cukup luas perkembangannya, maka perlu di organisasi internasional untuk mengatur kegiatan bulutangkis internasional dan diberi nama menjadi Internasional Badminton Frederation (IBF) pada 5 juli 1934, yang beranggotakan persatuan-persatuan bulu tangkis dari beberapa Negara.Di indonesi, di bentuk organisasi induk tingkat nasional yaitu Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) pada 5 mei 1951. Kemudian pada tahun 1953, Indonesia menjadi anggota IBF dan demilkian berhak untuk mengikuti pertandingan-pertandingan internasional.

Tidak ada komentar: