Sabtu, 14 Maret 2009

teknik bulutangkis

Bulutangkis adalah permainan yang mudah di lakukan mengingat raketnya yang ringan, serta bola yang berjalan lurus dan teratur tanpa putaran. Maka, seorang pemain yang benar-benar ingin menjadi pemain yang baik haruslah mempelajari tehnik dan taktik dengan sebaik-baiknya.

A. Teknik bermain bulutangkis ( badminton )
Di dalam membahas masalah tehnik ini di dasarkan kepada pemain yang bermain dengan tangan kanan ( right-handed. ). MEngenai tehnik ini dapat di bagi menjadi 2 tehnik, yaitu :
1)tehnik langkah kaki ( footwork )
Pada hakekatnya, langkah kaki merupakan modal pokok untuk dapat memukul bola dengan tepat dan akurat.
Langlah kaki yang ringan dan luwes akan memudahkan seseorang bergerak ke tempat bola datang dan bersiap untuk memukul bola tersebut.maka, keterampilan serta serta kekuatan tapak kaki sangat diperlukan.
Pada umumnya, langkah-langkah dapat dibedakan sebagai berikut :
a) langkah berurutan, baik untuk langkah kedepan, kesamping ataupun ke belakang. Kaki kanan dan kiri bergerak berurutan atau berdampingan.
b) Langkah bergantian atau bersilang ( seperti berlari ), kaki kanan dan kiri bergantian melangkah.
c) Langkah lebar dengan loncatan, satu atau dua langkah kecil dan di akhiri dengan langkah lebar dengan jalan loncat.
Yang harus di ingat bahwa semua langkah tersebut selalu di akhiri dengan kaki kanan di belakang pada waktu mengambil bola (shuttlecock ) di belakang (lob, dan sebagainya), serta kaki kanan di depan pada waktu mengambil bola (shuttlecock ) di depan (mengembalikan / dropshot), jika bola menuju ke samping maka kaki kanan atau kiri ( tergantung arah bolanya ) mengikuti arah bola ( menubruk / backhand ).
Pada umumnya pemain bulutangkis menggunakan langkah-langkah kombinasi, kadang-kadang berurutan, bersilang, atau pun dengan loncatan.

Tidak ada komentar: